THE STUDENT PERCEPTIONS, ITEM ANALYSIS, AND ISLAMIC ACADEMIC PERFORMANCE IN THE REPRODUCTION BLOCK AT THE FACULTY OF MEDICINE UMP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nabil Gusapo Rynando
Titik Kusumawinakhyu
Yunia Annisa

Abstract

The Faculty of Medicine at Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FK UMP) integrates Islamic values into its curriculum, particularly within the reproduction block, aligning with national and Muhammadiyah competency standards. Student performance in Islamic materials is assessed using multiple-choice questions (MCQs), which are analyzed for quality. This study examines the correlation between student perceptions, item analysis, and Islamic academic performance in the reproduction block at FK UMP. An observational, analytic, cross-sectional study was conducted among 103 FK UMP students (class of 2021). Data were collected via a validated 35-item perception questionnaire (Cronbach’s alpha = 0.86) and MCQ item analysis using Anates version 4.0. Scores on 10 Islamic MCQs measured academic performance. The results show that there is no significant correlation found between student perceptions and academic performance (p = 0.278). However, item analysis significantly correlated with academic performance (p < 0.01). The conclusion of this research is that student perceptions did not significantly impact academic performance; high-quality MCQ items were strongly associated with better Islamic academic outcomes in the reproduction block.


 


ABSTRAK


Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FK UMP) mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam kurikulumnya, terutama dalam blok reproduksi, yang selaras dengan standar kompetensi nasional dan Muhammadiyah. Kinerja mahasiswa dalam materi keislaman dinilai dengan menggunakan pertanyaan pilihan ganda (MCQ), yang kemudian dianalisis kualitasnya. Penelitian ini menguji korelasi antara persepsi mahasiswa, analisis butir soal, dan kinerja akademik Islam di blok reproduksi di FK UMP. Penelitian observasional, analitik, dan cross-sectional dilakukan pada 103 mahasiswa FK UMP (angkatan 2021). Data dikumpulkan melalui kuesioner persepsi 35 item yang telah divalidasi (Cronbach's alpha = 0,86) dan analisis item MCQ menggunakan Anates versi 4.0. Skor pada 10 MCQ Islam mengukur kinerja akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara persepsi siswa dan kinerja akademik (p = 0,278). Namun, analisis butir soal berkorelasi secara signifikan dengan prestasi akademik (p <0,01). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa persepsi mahasiswa tidak secara signifikan berdampak pada kinerja akademik; item MCQ berkualitas tinggi sangat terkait dengan hasil akademik Islam yang lebih baik di blok reproduksi.


 


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
1.
Rynando NG, Kusumawinakhyu T, Annisa Y. THE STUDENT PERCEPTIONS, ITEM ANALYSIS, AND ISLAMIC ACADEMIC PERFORMANCE IN THE REPRODUCTION BLOCK AT THE FACULTY OF MEDICINE UMP. International J. of Islamic and Complementary Medicine [Internet]. 2025 Jun. 1 [cited 2025 Jun. 26];6(2):87-95. Available from: https://www.islamicmedicine.or.id/index.php/ijim/article/view/94

References

  1. Alrosyad, F. M. (2021). Pengaruh Pengetahuan Integritas Akademik dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Performa Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter. Universitas Islam Malang.
  2. Arif, M. (2014). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Jurnal Ilmiah Edutic, 1(1).
  3. Atmadja, A. T., Adi, K., & Saputra, K. (2018). Pengaruh Budaya Universitas Terhadap Kinerja Mahasiswa Akuntansi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Moder (Studi pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Aktual, 5(1).
  4. Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Jurnal Widyanuklida, 16(1), 1–12.
  5. Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Sunismi. (2023). Analisis Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VII dengan Berbantuan Aplikasi Software Anates. Mathema Journal, 5(2).
  6. Casuarina, C., Halim, A., & Syukri, M. (2017). Minat, Sikap Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika.
  7. Chanifudin, & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam Dalam Pembelajaran. Asatiza Jurnal Pendidikan, 1(2).
  8. Efrizon, S., Septianora Zulfa, C., Atifah, Y., Achyar, A., & Ramadhani, S. (2021). Sistem Alat Reproduksi Pada Manusia. Universitas Negeri Padang, 01(2021). https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/95
  9. Ekayanti, F. (2021). Implementasi Kurikulum Etika Kedokteran dalam Pendidikan Dokter (Studi Tiga Fakultas Kedokteran pada Universitas Islam di Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  10. Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal Mudarrisuna, 10(2).
  11. Fawzia, F. N., Probandari, A., & Suyatmi. (2017). Persepsi Mahasiswa terhadap Faktor Penunjang Pembelajaran dalam Skills Lab Student Perceptions towards Supporting Learning Factors in Skills Lab. Nexus Pendidikan Kedokteran & Kesehatan, 6(1).
  12. Fitrianawati, M. (2017). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.
  13. Handayani, M. (2020). Persepsi Siswa Tentang Manifestasi Tugas-tugas Perkembangan Remaja Siswa Kelas XI SMA.Negeri 11 Samarinda. Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 5(1).
  14. Hanifah, N. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir Soal dan Reliabilitas Tes Bentuk Pilihan Ganda Biasa dan Pilihan Ganda Asosiasi Mata Pelajaran Ekonomi. SOSIO E-KONS, 6(1), 41–55.
  15. Hartini, & Sukardjo. (2015). Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTs. In Jurnal Inovasi Pendidikan IPA (Vol. 1, Issue 1).
  16. Hartono. (2015). Analisis Item Instrumen. In S. Yeli (Ed.), Za (1st ed.). Zanafa Publishing.
  17. Hayat, B. (2021). Klasika: Program Analisis Item dan Tes dengan Pendekatan Klasik. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 10(1). https://doi.org/10.15408/jp3i.v10i1.20551
  18. Hendra, F. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Proses Pembelajaran Kemahiran Bahasa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(4).
  19. Kahar, M. S. (2018). Profil Pendidikan Karakter Mahasiswa Non Muslim dalam Implementasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Universitas Muhammadiyah Sorong.
  20. Kenanga, N. T. (2022). Gambaran Analisis Butir Soal Pada Tes Pilihan Ganda (Multiple Choice Question) di Fakultas Kedokteran di Indonesia : Kajian Literatur. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
  21. Kumar, D., Jaipurkar, R., Shekhar, A., Sikri, G., & Srinivas, V. (2021). Analisis item pertanyaan pilihan ganda: Tes jaminan kualitas untuk alat penilaian. Medical Journal Armed Forces India, 77, S85–S89. https://doi.org/10.1016/j.mjafi.2020.11.007
  22. Kurniasih, I., & Azzahraa, D. A. (2020). Hubungan Kesiapan dan Gaya Belajar dengan Tingkat Kelulusan Ujian Multiple Choice Question (MCQ). Insisiva Dental Journal : Majalah Kedokteran Gigi Insisiva, 9(2). https://doi.org/10.18196/di.9218
  23. Kusumawinakhyu, T., Darodjat, D., Makhful, M., Hasan, I., & Zubaedah, S. (2023). Profetik Integrasi Islam Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto: Konsep Komunikasi Efektif Empati Dokter Muslim. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 333. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.15147
  24. Laksmi, M. L., Prayitno, B. A., & Indrowati, M. (2022). Karakteristik Materi Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 161. https://doi.org/10.17977/um052v13i2p161-170
  25. Liutammima, L., Sulistyowati, E., & Anisa, R. (2021). Analisa Item Mini Quiz dan Korelasi Prior Knowledge Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisma. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 8(1).
  26. Masruroh, R. (2022). Persepsi Siswa Tentang Integrasi Nilai Keislaman Pada Pembelajaran Biologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  27. Mona, G. (2016). Senam Otak Untuk Meningkatkan Performa Akademik Anak Usia 10-12 Tahun (Studi pada siswa SD Negeri Tembalang dan SD Pedalangan 2 Semarang). Universitas Diponegoro.
  28. Mujahidin, E., Martanegara, I. H., Saefuddin, D., & Syafrin, N. (2021). Persepsi mahasiswa muslim mengenai hubungan sains dan agama di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 135. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4340
  29. Oktafianingsih, E. (2019). Hubungan Antara Religuitas Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Amanah Husada Bantul Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
  30. Rahmasari, D., & Ismiyati. (2016). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
  31. Rifyandi, M., Akbar R, R., & M, N. (2020). Hubungan Efektivitas Diskusi Kelompok Dengan Nilai Modul Kardiorespirasi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Di fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Health And Medical Journal, 2(2).
  32. Sagala, P. N., & Andriani, A. (2019). Development of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) Questions of Probability Theory Subject Based on Bloom's Taxonomy. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012025
  33. Setiawan, G. D., & Yaniasti, N. L. (2021). Zonasi Sekolah: Antara Persepsi dan Minat Belajar Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 183–193. https://doi.org/10.31960/ijole
  34. Setiawan, I. (2018). Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang Menggembirakan (Dengan Pendekatan Integrasi-Interkoneksi). Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  35. Singh, C. K. S., & Marappan, P. (2020). A Review Of Research On The Importance Of Higher Order Thinking Skills (HOTS) In Teaching English Language. Journal of Critical Reviews, 7(08). https://doi.org/10.31838/jcr.07.08.161
  36. Sitepu, D. R. A., & Isnayanti, D. (2021). Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Maksitek, 6(1).
  37. Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen & Bisnis.
  38. Sudjudi, Y. M. (2021). Perbedaan Nilai MCQ Mahasiswa Sebelum dan Selama Pembelajaran Daring Era Pandemi COVID-19. Universitas Islam Sultan Agung.
  39. Sukaca, A., Sagiran, Basuki, R., Jaya, I., Prijambodo, T., Oktariaza, R. T., Suryani, D., Akaputra, R., Romadhon, Y. A., & Andriana, K. (2022). Standar Karakter & Kompetensi Dokter Muhammadiyah (SKKDM) (2nd ed.). Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
  40. Widyasari, P. I. (2023). Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Periode 2022/2023 Terhadap Early Clinical Exposure. Universitas Lampung.
  41. Wiguna, S. (2021). Aplikasi Anates Dalam Evaluasi Pembelajaran (Vol. 1). CV. Pena Persada.
  42. Zakiah, & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus 01 Kecamatan Selaparang. Jurnal PGMI, 11(1), 85–100. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/